Tuesday, February 18, 2014

Tips: Cara Membuat iPhone Bekerja Lebih Cepat


Ada banyak faktor yang dapat menyababkan perlambatan kerja iPhone ataupun berkurannya kinerja secara signifikan. Padahal iPhone memiliki predikat kinerja yang cukup baik sepanjang panjang kontrak dua tahunnya. Jika Anda ingin memastikan iPhone bekerja lebh cepat, maka yang harus anda lakukan adalah memberinya ruang untuk bernapas.

Memeriksa penggunaan iPhone bisa dibilang adalah proses yang sangat sederhana. Hanya dengan menekan Settings> General> Usage. (Anda perlu menunggu beberapa saat selama proses ini berlangsung). Setelah proses selesai, makan akan tampil daftar aplikasi lengkap dengan alokasi space yang digunakan, dimulai dari yang terbesar sampai yang terkecil.
iphone-usage


Catatan: Sebelum Anda menghapus aplikasi/data tertentu, ada baiknya anda memastikan mem-backup ponsel terlebih dahulu sekedar untuk berjaga-jaga. Anda dapat menemukan informasi tentang cara mem-back up iPhone di sini.

Hapus aplikasi yang tidak anda gunakan
Setelah Anda tahu berapa banyak space yang digunakan suatu aplikasi, sekarang saatnya untuk membersihkan list ini. Anda dapat melakukannya dari Home screen- dengan menekan sebuah aplikasi sampai bergoyang, kemudian menekan icon X di pojok kiri atas - tapi tentu saja lebih mudah untuk melakukannya dari menu "Usage", di mana Anda akan diberikan info tentang seberapa besar sebuah aplikasi sebelum Anda menghapusnya. Untuk menghapus aplikasi dari sini, cukup menekannya (tap), lalu tekan Delete App pada halaman yang muncul berikutnya.
flappy-bird-iphone-usage1


Hapus beberapa Lagu, Foto atau Video
Ketika Anda melihat penggunaan telepon Anda, Anda mungkin tahu bahwa ternyata musik, foto dan video mengambil space yang sangat besar - terutama file video yang besar. Anda perlu menghapusnya sebanyak mungkin, tapi tentu saja itu tergantung anda sendiri untuk memilih mana yang kira-kira layak untuk dihapus atau dianggap tidak penting. Jika Anda ingin menghapus semua file musik dalam satu langkah, Anda dapat melakukannya dari menu "Usage". Cukup tekan Music, lalu tekan Edit di bagian atas layar yang muncul berikutnya. Kemudian akan memunculkan sebuah lingkaran merah dengan tanda Minus disebelah "All Music". Tekan lambang lingkaran itu dan Anda akan diberi pilihan untuk menghapus semuanya.

delete-all-music-iphone

Bagaimanapun, mungkin anda tidak ingin menghapus semua music yang anda punya. Oleh karena itu, jika anda ingin menghapus lagu tertentu dari Music app, cukup menggesek nama lagu ke kiri (seperti ketika Anda menghapus email), kemudian akan muncul tampilan untuk menghapusnya.

iphone-delete-song


Tips:
Anda mungkin tidak perlu untuk menyimpan file audio dengan kualitas super tinggi di perangkat iPhone Anda. iTunes menawarkan opsi untuk secara otomatis mengkonversi audio yang berkualitas tinggi menjadi hanya 128kbps file AAC sebelum menempatkan file tersebut di telepon Anda (juga ada pilihan 192 atau 256kbps). Bagi kebanyakan orang, bahkan 128kbps akan terdengar cukup baik dan tentu dengan cara ini Anda dapat menghemat space yang besar.
auto-convert-bitrate-itunes

Untuk proses menghapus foto, mungkin anda akan perlu usaha lebih. Karena satu-satunya cara untuk menghapus semuanya file foto sekaligus di iOS 7 adalah dengan menghubungkan ponsel Anda ke komputer Anda dan kemudian anda dapat memilih menu Select All sebelum menghapus gambar melalui iPhoto (Anda dapat membaca lebih lanjut tentang cara cepat menghapus foto dari iPhone di sini).
iphone-delete-photos



Menghapus pesan-pesan lama (terutama foto dan video)
Pesan masuk juga mengambil banyak space memori. Tidak hanya pesan teks, namun semua pesan gambar Anda yang anda kirim atau terima. Jika Anda memang yakin untuk menghapus semua pesan itu sekaligus, Anda tinggal menggesekkan kiri dan akan menemukan pesan terbaru dalam aplikasi Pesan Anda. Tetapi jika Anda hanya ingin menghapus gambar dan video aja, Anda juga dapat melakukannya, meskipun itu akan butuh lebih banyak pekerjaan.

Caranya, dengan membuka sebuah pesan. Cari gambar atau video yang ingin Anda hapus dan tahan jari Anda di atasnya. Ketika kotak dialog muncul pilih More. Kemudian Anda dapat memilih pesan tertentu yang ingin dihapus dengan menandai kotak di sebelah kiri setiap pesan. Kemudian tinggal menghapusnya dengan menekan ikon tempat sampah di pojok kiri bawah.
delete-iphone-texts



Membersihkan Cache
Browser Safari men-cache data untuk mempercepat loading halaman, tapi terlalu banyak data juga dapat memperlambat telepon Anda secara keseluruhan. Untuk menghapus itu, pilih Settings> Safari> Clear History. Kemudian melakukan hal yang sama tetapi memilih Clear Cookies dan Data.
clear-iphone-safari-cache

Dan jika Anda ingin memastikan Safari sudah bersih, pilih Settings> Safari> Advanced> Website Data. Gulir ke bagian bawah layar, pilih Remove All Website Data. Note: langkah ini juga akan menghapus semua informasi login yang disimpan, kecuali Anda menyimpannya di iCloud Keychain.

Update software
Memang, iOS baru id iPhone yang lama dapat memperlambat kerja perangkat Anda. Tapi jika perangkat Anda sudah menjalanjan iOS 7, pastikan Anda memiliki versi terbaru diinstal. Rilis baru biasanya membuat perangkat bekerja lebih cepat. Cara updatenya dengan Pilih Settings> General> Software Update.

Jika Anda menjalankan iOS 7, ada juga beberapa hal lain yang dapat Anda coba. Pertama, Anda dapat menonaktifkan beberapa fitur visual ada OS, seperti parallax motion, yang memberatkan CPU Anda. Caranya pilih Settings> General> Accessibility, dan atur Reduce Motion to On.

iphone-reduce-motion
Anda juga harus mematikan proses yang berjalan di-background, yang prosesnya menghabiskan banyak sumber daya yang tersedia. Anda bisa mengatur aplikasi yang berjalan secara otomatis di-background. Sehingga aplikasi seperti Twitter tidak akan terus update ketika tidak digunakan. Untuk melakukan pilih Settings> General> Background App Refresh, kemudian geser ke off.


iphone-background-app-refresh


Reset Pengaturan Anda
Terkadang jika ingin telepon Anda seperti baru lagi, Anda perlu membuat pengaturan kembali seperti ketika ponsel Anda benar-benar baru. Cara terbaik melakukannya adalah dengan me-reset semua pengaturan handphone. Untuk bisa melakukan, caranya tekan Settings> General> Rest > Reset All Settings. Langkah uii tidak akan menghapus aplikasi, musik, foto atau data lainnya, tetapi akan mengatur ulang semua konfigurasi Anda, termasuk pengaturan email dan jaringan. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang cara me-reset iPhone di sini.
iphone-reset

Membeli Handphone Baru
Hal ini mungkin bisa jadi pilihan. Karena jika Anda masih menggunakan iPhone 3GS, maka benar-benar ada tidak banyak lagi yang dapat Anda lakukan pada saat ini untuk membuatnya berjalan lebih cepat. Sebagian besar tips di atas tentu akan membantu, tetapi satu-satunya cara agar handphone ada terasa baru adalah dengan membeli telepon baru. :)

Gambar dan sumber

Labels: , , , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home