Friday, February 28, 2014

Microsoft Windows memulai perang harga dengan Android

microsoft-surface-vs-android

PC Windows dan tablet murah akan segera keluar, dan tentu saja itu semua berkat makin besarnya ancaman perangkat dengan harga rendah punya Google. Tablet Android telah menyebar ke seluruh dunia, Chromebooks juga telah melahap pangsa pasar baik di kelas komersial dan segmen menengah. Namun di sisi lain, tablet Windows terus berjuang untuk bertahan dan bahkan pasar PC telah tenggelam sejak kemunculan iPad.

Microsoft membuat dua langkah besar akhir pekan ini untuk melawan pemberontakan kecil yang sedang tumbuh ini. Pertama, bahwa perusahaan akan memotong biaya  lisensi Windows 8 menjadi hanya $15 untuk perangkat yang dijual di bawah $250. Kemudian update Windows 8.1, yang membagi dua persyaratan sistem untuk perangkat Windows.

Lisensi berbiaya rendah untuk memacu perangkat murah

Dengan memotong biaya lisensi Windows dari yang semula $50 menjadi $15, Windows tidak akan lagi menggantung pada perangkat murah. Perangkat Google telah menjadi bagian dari perangkat dengan biaya di bawah $250, karena produsen tidak mampu untuk menjual barang yang murah setelah menyokong biaya besar untuk lisensi Windows. Tablet Windows 8 termurah, Dell Venue Pro 8, saat ini dijual via toko online Microsoft sebesar $230, turun dari sebelumnya $300. Amazon dan Best Buy mengungkapkan tidak ada tablet dan notebook Windows yang tersedia di bawah $250. Tablet Android di sisi lain, secara rutin dijual sekitar $200 dan bahkan tersedia yang lebih murah. Sedangkan Chromebooks cenderung berkisar sekitar $ 250.

"Microsoft telah memotong harga secara historis menghadapi ancaman kompetitif," kata Patrick Moorhead, pendiri dan analis utama di Moor Insights and Strategy. "Netbook berbasis Linux mengancam Windows, dan Microsoft menawarkan Windows XP pada tingkat pemotongan harga-jadi langkah ini melawan Chromebooks masuk akal."

Mengurangi separuh kebutuhan hardware

Tapi pendapatan tidak berhenti hanya pada lisensi. Pengumuman ketika update Windows 8.1, bahwa OS ini akan berjalan lebih baik pada hardware dengan spesifikasi minim. VP Microsoft Joe Belfiore mengatakan produsen akan mampu membangun perangkat Windows 8 dengan hanya 1GB RAM dan 16GB penyimpanan.

Agar adil, mereka telah membuat persyaratan sistem minimum PC untuk versi 32GB Windows 8 sejak awal. Pada kenyataannya, perangkat Windows -termasuk tablet- semua memiliki minimal 2GB RAM dan 32GB ruang penyimpanan.

"Secara umum saya pikir Microsoft lebih fokus pada tablet daripada Chromebooks," kata Stephen Baker, wakil presiden analisis industri The NPD Group. "Sementara Chrome menguasai 5 persen pasar perangkat dibawah $300 di tahun 2012 menjadi 20 persen pada tahun 2013, pertumbuhan penjualan Microsoft di segmen itu adalah 25 persen." Saya percaya potongan harga difokuskan pada tablet 8 inci, karena ini adalah segmen kompetitif untuk 2014. "

Tablet adalah medan perang utama bagi Microsoft, dan perusahaan harus melakukan sesuatu untuk itu. Menurunnya pernyaratan hardware juga dapat membantu Microsoft bertempur dengan Chromebooks, terutama mengingat SkyDrive telah ditanam di Windows 8. Banyak Chromebooks dengan penyimpanan 16GB solid-state drive dan beberapa ruang penyimpanan Google Drive cloud gratis. Laptop Windows Murah dengan mudah bisa menjadi sesuatu yang mirip dengan itu, memanfaatkan fokus baru Microsoft pada layanan Cloud.

Apakah Stretegi Microsoft ini akan berhasil?

tablet_windows_8

 

Bagi banyak pembeli, daya tarik terbesar Android terletak pada keterjangkauan, karena tidak ada istilah loyalitas di mata pemburu perangkat murah. Keberhasilan terbesar Windows Phone karena ini perangkat murah, dan jika tablet Windows seperti Dell Venue 8 atau Acer Iconia W3 dapat mencapai harga relatif dengan tablet Android, mereka bisa sangat memperoleh keberhasilan penjualan. Dan Windows 8 berjalan dengan sangat baik pada perangkat dengan layar kecil.

Disaat Microsoft berusaha untuk memadamkan Chromebooks sebelum mereka menjelma menjadi ancaman yang lebih besar, Moorhead berkata "Saya tidak berpikir pemotongan harga ini akan bekerja dengan baik,karena Google berada di belakang [Chromebooks] dengan sangat budget pemasaran yang banyak. Maka tentu usaha mengalahkan Chromebooks tidak akan semudah memerangi netbook.

Kesederhanaan juga merupakan kunci menarik bagi Chromebooks. Mereka hanya bekerja, dengan asumsi Anda memiliki koneksi internet yang tersedia, dan tetap bekerja dengan cara jauh lebih baik daripada Windows PC dan netbook Linux tua.

Hasil dari perang Microsoft pada harga perangkat Windows tidak akan diketahui selama berbulan-bulan dan tahun-tahun mendatang. Namun Satu hal yang pasti, ketika dua raksasa itu dalam usaha untuk meraih kemenangan supremasi melalui harga rendah, makan pembelilah yang akhirnya benar-benar menang.

sumber: pcworld

Labels: , , , , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home