Friday, February 28, 2014

Google meluncurkan “Video Quality Report” untuk menguji kinerja ISP berdasarkan pemutaran YouTube

Google_Video_Quality_Report
Google mengumumkan sebuah proyek baru yang dirancang untuk menguji kualitas dan kecepatan koneksi penyedia layanan internet. Layanan yang dikenal dengan nama Google’s Video Quality Report, baru tersedia di Kanada, namun tentu Google akan memperluas ke lebih banyak negara seiring waktu berjalan.

Untuk melakukan tes, Google menggunakan data yang terkait dengan seberapa baik ISP dapat menangani pemutaran ulang definisi tinggi video YouTube. ISP dinilai berdasarkan kinerja penyedia lainnya di daerah tertentu. Jika ISP mampu memuat 90% dari 720p video YouTube, maka akan dicap sebagai "YouTube HD Verified" untuk wilayah tersebut dan berada di atas skala verifikasi.

youtube-hd-verified

Informasi dari Financial Post, Shiva Rajaraman direktur manajemen produk di YouTube, mengatakan bahwa Google memiliki dua tujuan dengan layanan baru Video Quality Report ini. Yang pertama adalah memberikan informasi kepada pengguna mengenai ukuran kinerja video yang mereka benar-benar bisa mengerti. Yang kedua, sisi lain layanan baru ini juga akan bermanfaat bagi ISP, karena sekarang mereka akan mendapatkan gambaran tentang kualitas layanan mereka dan dan mmeberitahu pelanggan mereka apakah mereka dapat mengakses YouTube dengan kualias HD melalui layanan ISP mereka atau tidak.

Setelah pengguna melakukan tes, Google menyajikan mereka dengan grafik yang menunjukkan kualitas video streaming berdasarkan waktu pada hari itu, disamping memperlihatkan apakah ISP yang digunakan HD Verified atau tidak. Pengguna juga diberi kemampuan untuk membandingkan terhadap ISP lain di daerah mereka.

Menurut Google, sebagian besar ISP Kanada tampil cukup baik pada tes. Karena itu, ia mengatakan bahwa Kanada dapat menjadi salah satu negara pertama sebagai “HD verified countries”, itulah sebabnya mengapa perusahaan memilih untuk meluncurkan layanan di sana pertama kali.

Sumber: 9to5google

Labels: , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home