Monday, February 10, 2014

Berakhirnya kejayaan iPod

Pemutar musik yang menempatkan Apple dalam sejarah musik - dan yang akhirnya mematikan Walkman Sony - sepertinya sekarang juga akan menghadapi kematian sendiri.

Menurut laporan penghasilan terbaru, Apple menjual 6 juta iPod selama kuartal terakhir, dan meskipun ini adalah hampir dua kali lipat penjualan dari tiga bulan sebelumnya, ini disamakan dengan penurunan 52 persen dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya. Penurunan penjualan sedang berkaitan dengan peningkatan aplikasi musik, cloud storage dan layanan streaming seperti Spotify misalnya.
Apple iPod all Generations
Selain itu, Apple iPhone juga mempunyai fitur built-in iTunes, yang membuat iPod mubazir bagi banyak pemilik iPhone. Belum lagi dengan tidak adanya rilis iPod versi terbaru sejak iPod Touch generasi kelima dan Nano generasi ketujuh  yang diluncurkan pada tahun 2012.

Penjualan iPod berada pada titik tertinggi di tahun 2008 setelah peluncuran pertama iPod Touch pada akhir tahun 2007. iPod Touch dirancang terlihat seperti iPhone, memainkan musik dan menjalankan aplikasi, namun tidak bisa membuat panggilan. Penjualan serupa juga terlihat di 2009 dengan diluncurkanya iPod Shuffle generasi ketiga, Nano generasi keempat dan Touch generasi kedua.

Penjualan mulai menurun di tahun 2010, namun kembali stabil sepanjang 2011 sampai dengan kuartal ketiga 2012, meskipun tidak ada perangkat baru yang diluncurkan selama waktu itu. Kuartal terakhir tahun ini biasanya waktu terbaik untuk penjualan perangkat Apple karena lonjakan Natal.  Dengan pemikiran ini, penjualan iPod diperkirakan akan turun secara signifikan selama tahun depan. Namun, ini tidak menghentikan perusahaan lain meluncurkan produk serupa, termasuk Sony dengan ZX1 yang merupakan versi terbaru dari Walkman.
Sony ZX1

Namun sebaliknya, penjualan Apple iPhone terus meningkat sebanyak 51 juta selama masa liburan - meningkat 7 persen dari tahun ke tahun. Sebanyak 26 juta iPads juga dijual selama periode yang sama, naik 14 persen. Namun kenaikan penjualan terbesar tahun lalu adalah untuk Mac, yang merayakan ulang tahun ke-30 dengan 19 persen peningkatan penjualan.

Meskipun mengalami penurunan penjualan iPod, Apple tetap membukukan laba yang memecahkan rekor $ 13100000000 dengan pendapatan $ 57.6 miliar . Pendapatan ini naik $ 3.1 miliar dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Namun para analis telah memperkirakan bahwa, mengikuti laporan laba, saham Apple anjlok hingga sembilan persen. Analis mengharapkan hal-hal yang lebih besar dan memprediksi keadaan akan membaik dengan penjualan 55 juta unit iPhone. Saham Apple telah naik karena ekspektasi bahwa perusahaan akan melewati rintangan itu. - Daily Mail

Labels: , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home