Tuesday, February 11, 2014

Apakah Mac Mini Baru Nantinya Akan Lebih Kecil dibandingkan yang sekarang?

Apple Mac Mini


Ketika pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, Mac mini hampir tak terbayangkan kecilnya. Tujuan asli dari Mac mini adalah untuk mengkonversi pemilik desktop Windows. Karena orang-orang sudah dimiliki monitor, keyboard dan peripheral lain, maka hanya dengan menjual komputer saja ke mereka akan memungkinkan mereka untuk beralih ke Mac, dan solusi ini jauh lebih murah dibandingkan biaya untuk membeli sebuah iMac.

Bentuk Windows desktop kebanyakan pada era tersebut kurang lebih seperti dibawah ini:
Windows Desktop


Sebuah sistem yang berukuran hanya 6,5 inci dan hanya memiliki ketebalan 2-inci adalah prestasi yang luar biasa. Walaupun untuk ukuran masa kiniakan nampak agak kurang mengesankan. Mac mini saat ini terlihat lebih tipis, namun sebenarnya lebih besar dari aslinya 7,7 inci persegi, dikarenakan power supply yang juda sudah dimasukkan ke dalam casing.

Sampai 2010, ada banyak alasan yang membuat Mac mini tidak bisa dibuat jauh lebih kecil:
Drive optikal menetapkan ukuran minimum untuk sebuah mesin. Hari ini, tentu saja, drive optik hanyalah kenangan. Hard drive yang digunakan juga memiliki ukuran besar, tetapi SSD saat ini hanya sekelompok chip tipis pada sirkuit-board. Jadi bisa dibayangkan betapa kecil Apple membuat Mac mini hari ini?

Untungnya, kita tidak perlu berspekulasi, berkat generasi baru Chromeboxes. Chrome PC adalah perangkat yang bertenaga sangat rendah yang mampu melakukan lebih dari sekedar menjalankan web browser, dengan semua aplikasi yang ada di web. Hari ini, itu semua telah berubah: sekarang ada Chromeboxes dengan kualitas dan kekuatan lebih baik.
Baik Asus maupun HP telah mengumumkan mesin bertenaga i7 yang membuat Mac mini terbaru terlihat lebih besar. ASUS Chromebox yang mulai dijual bulan depan berukuran hanya lima inci persegi:
ASUS Chromebox

HP juga telah mengumumkan Chromeboxes bertenaga i7-nya sendiri. Belum jelas mengenai informasi dimensinya, tetapi jika Anda menggunakan port USB sebagai panduan, maka dapat dikatakan perangkat ini sedikit lebih besar namun agak ramping.
HP Chromebox


Xi3 juga mengagumkan dengan komputer berbasis x86 yang modular seperti Z3RO Pro yang digunakan sebagai server, komputer desktop, dan lainnya seperti fitur Mac Mini yang populer.
Xi3 Zero Pro Computer

Mengingat bahwa semua mesin ini cukup gemuk untuk menggerakkan monitor 4K, maka tidak ada alasan Mac mini berikutnya tidak bisa lebih langsing.

Labels: , , , , , , , , , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home